Efek Samping CTM ( Klorfeniramin ) Buat Obat Tidur

Efek Samping CTM ( Klorfeniramin ) Buat Obat Tidur – Sebenarnya apa itu CTM?? Menurut beberapa sumber CTM ( Klorfeniramin ) adalah obat untuk alergi yang mengandung antihistamin selain itu bisa juga untuk menyembuhkan pilek, dan rhinitis, namun belakangan ini banyak orang yang menggunakannya untuk obat tidur karena memang memiliki efek samping yang membuat pengguna obat ini menjadi mengantuk.

Namun apakah baik kalau CTM itu digunakan sebagai obat tidur?? Sebenarnya CTM bukan obat tidur meskipun memiliki efek samping yang bisa membuat kantuk namun tidak tepat kalau digunakan sebagai obat tidur dan bisa menjadi penyalahgunaan obat. Berikut ini yang anda perlu tahu tentang efek samping obat CTM jika anda terus menggunakannya sebagai obat tidur :

  1. Pusing
  2. Mulut, hidung, dan tenggorokan kering
  3. Sembelit
  4. Penglihatan kabur
  5. Detak jantung lebih cepat dan tidak beraturan
  6. Merasa gugup atau gelisah
  7. Perubahan suasana hati
  8. Tremor atau kejang
  9. Tubuh mudah memar atau berdarah
  10. Sesak napas
  11. Buang air kecil lebih sedikit atau tidak sama sekali

Jadi alangkah baiknya anda menghentikan menggunakan CTM sebagai obat tidur jika anda merasakan salah satu masalah tadi, dan jika anda memiliki masalah susah tidur sebaiknya jangan terburu-buru menggunakan CTM karena obat ini bukan obat tidur atau alangkah baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli, semoga bisa bermanfaat.

Related Posts

No Response

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.